Semakin Tegang Pesawat Tempur China Masuk ke Wilaya Taiwan



Berita Dunia - Sebanyak 37 pesawat tempur China memasuki zona pertahanan udara Taiwan selama sekitar enam jam. Ini merupakan peningkatan tajam dalam penyusupan satu hari oleh militer China.

Diketahui bahwa China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayahnya, dan telah berjanji akan merebutnyaa satu hari jika perlu dengan paksa.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (8/6/2023), dalam beberapa tahun terakhir, Bejjing telah mengintensifkan serangan udara ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu - hampir menggandakan serangan udara pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan Sun Li-fang mengatakan pada kamis (8/6) bahwa mulai pikul 05.00 waktu setempat, total 37 militer China memasuki zona pertahanan udara  (ADIZ) barat daya Taiwan.

Beberapa Melanjutkan . menuju Pasifik Barat untuk pelatihan pengintaian jarak jauh, kata Sun dabsekitar pukul 11.00  wajtu setempat.

ADIZ Taiwan jauh lebih besar dari  wilayah udara, tumpang tindih dengan bagian dari ADIZ China dan bahkan mencakup beberapa daratan.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menuliskan di Twitter bahwa militer Taiwan memantau situasi dengan seksama. Kementerian menambahkan bahwa situasi dengan seksama. Kementerian menambahkan bahwa pesawat patroli, kapal angkatan laut dan sistem rudah berbasis darat telah dikerahkan sebagai tanggapan.

Para analis mengatakan peningkatan penyusupan pesawat militer China terhadap zona pertahanan taiwan adalah bagian dari taktik, zona abu-abu yang lebih luas yang membuat Taiwan terus tertekan.

Penyusupan itu terjadi sehari setelah Amerika Serikat, Filipina, dan Jepang menyelesaikan latihan penjaga pantai bersama pertama mereka di perairan Laut China Selatan - yang diklaim Beijing hampir seluruhnya.


Tidak ada komentar: