Ramainya Pawai Kontingen SEA Games 2023 Kamboja Timnas Indonesia U-22



Berita Dunia - Kirab juara SEA Games 2023 Kamboja resmi dilangsungkan pada Jumat (19/5/2023). Timnas Indonesia U-22 yang dikapteni Rizky Ridho dkk pun menaiki bus, sedangkan atlet cabang olahraga lainnya menumpang Bandros untuk menjalani arak-arakan tersebut.


Dalam pantaun BeritaOlahraga, bus yang ditumpangi Timnas U-22 menunggu di kantor Kemenpora. Witan Sulaeman Cs tak bisa mengikuti pembukaan Kirab Juara di Halaman Kantor Kemenpora, lantaran tertahan oleh ratusan orang yang sudah menyemut sejak pukul 08:00 WIB.


Bapak Erick Thohir mengatakan di depan sudah menunggu tim bola, karena ternyata massa sudah meblok,. kalau turun bisa chaos. jadi kita bersama-sama dengan cabor yang hadir akan menyapa masyarakat Indonesia, kata Menpora Dito.


Sementara atlet-atlet dari 14 cabang olahraga mengikuti pembukaan yang dilakukan oleh Menpora Dito Ariotedjo dengan disaksikan Chef de Mission Lexyndo Hakim, serta Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI Pusat) Suwarno.


Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya, sebelum akhirnya kirab dibuka dengan sambutan dari Dito.


Setelah acara pembukaan rampung, para atlet kemudian menaiki belasan Bandros berwarna-warni yang sdauh terparkir di halaman Kemenpora. Tak berselang lama, bus Timnas U-22 berangkat dengan diiringi lagu Champion dari berbagai elemen masyarakat, termasuk pada pelajar. Kemudian diikuti bndros-bandros yang sudah dipadati oleh para atlet lainnya.


Seperti diketahui, para atlet yang mengikuti pawai tersebut akan diarak mulai dari rute kantor Menpora-Bundaran Hotel Indonesia (HI)- Gelora Bung Karno (GBK).


Kirab dilakukan dengan tujuan sebagai apresiassi atas apreasiasi tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja dipastikan melampaui target perlolehan medali. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta pasukan Merah Putih membawa pulang sedikitnya 69 medali emas.


Kontingen Indonesia pun terpacu dan termotivasi, hingga akhirnya mampu melampaui target medali dengan total jumlah perolehan 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.


Ini merupakan pencapaian SEA Games terbaik dalam enam edisi SEA Games terakhir. sejak SEA Games 2013, perolehan medali emas Indonesia tak pernah menyentuh angka 80.


Puncak membanggakan, sepak bola akhirnya menutup perjuangan manis kontingen Indonesia. Timnas U-22 mampu mendapatkan emas usai mebungkam Thailand 5-2. Emas ini terasa spesial karena sebelumnya Indonesia harus menunggu 32 tahun lamanya.


Baca Juga : https://www.beritadunia.org/2023/05/kedatangan-timnas-u-22-penuh-sambutan.html


Tidak ada komentar: