Para kepala daerah bungkam dalam seribu bahasa setelah diperiksa Hartanya di KPK

 




Berita Dunia - Di KPK, beberapa pimpinan daerah diperiksa terkait Survei Harta Kekayaan Pegawai Negeri Sipil (LHKPN). Mereka pun terdiam dalam seribu bahasa setelah keluar dari gedung antikorupsi.

Salah satu tamu yang diundang KPK adalah Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. Maulan meminta penjelasan selama 5 jam. 


Maulan Aklil tiba di KPK pada Rabu (17/5/2023) sekitar pukul 08.31 WIB. Proses klarifikasi kemudian dimulai sekitar pukul 09:00 WIB.


Maulan tampak meninggalkan KPK sekitar pukul 14.10 WIB. Setelah klarifikasi, dia tidak mengomentari masalah tersebut. Maulan tidak mengatakan apa-apa diam seribu bahasa. 


Kekayaan Maulan


Merujuk data LHKPN, Maulan Aklil terakhir melaporkan kekayaannya pada 2021. Saat itu ia memiliki harta sebesar Rp11.380.412.273. 



Kekayaan Maulan Aklili didominasi oleh tanah dan bangunan. Ia memiliki total 11 aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp 11.105.200.000.


Maulan Aklil juga menyatakan memiliki aset berupa mobil senilai Rp 220.000.000. Ia juga memiliki saldo kas sebesar Rp 55.212.373. 


Sekda Pemprov Jatim membatalkan keikutsertaan tersebut

KPK sedianya akan membahas LHKPN dengan Adhy Karyono, Sekretaris Daerah Pemprov Jatim hari ini. Namun Adhy tidak bisa hadir.  


"Berdasarkan informasi yang diterimanya, Sekda Provinsi Jatim yang juga setuju mengklarifikasi LHKPN menanyakan kembali jadwalnya," kata Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati 


Ipi mengatakan, Adhy mengaku memiliki kegiatan lain sehingga tidak bisa mengikuti program penyadaran hari ini. KPK mengalihkan Rencana Penyelesaian LHKPN kepada Adhy Karyono.


"Saat ini beliau ada kegiatan lain, makanya pelantikan itu kami tunda," kata Ipi.  


Wagub Lampung itu bungkam dalam seribu bahasa

Selain itu, ada Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim yang juga diperiksa LKHPN di KPK. Chusnunia diminta memberikan notifikasi selama empat jam.  



Penyidikan Chusnunia dimulai pukul 09.00 WIB. Dia menyelesaikan penyelidikan sekitar pukul 13.10. WIB pada Rabu (17 Mei 2023). 


Tidak ada komentar dari Chusnunia. Wagub Lampung itu bungkam saat dimintai penjelasannya di KPK



Chusnunia kemudian naik ke Fortuner hitam. Setelah itu dia meninggalkan gedung KPK.


Menurut LHKPN 2021 di situs resmi KPK, total kekayaan Chusnunia adalah Rp 13.663.133.913.  

Tidak ada komentar: