Ganjar Pranowo berbicara tentang gagasan pengentasan kemiskinan di Indonesia

 




Berita Dunia - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo angkat bicara soal ide mempertemukan keluarga miskin dan sarjana. Hal ini dilakukan untuk memberantas kemiskinan di Indonesia.



Ganjar berbicara tentang akses terhadap pendidikan  tanpa kecuali, termasuk bagi mereka yang berasal dari latar belakang kurang mampu. Dengan begitu, anak-anak dari keluarga miskin bisa mendapatkan akses terhadap pendidikan yang memadai, yang disebut-sebut mampu mengubah nasib keluarganya.


Kalo satu keluarga miskin, satu sarjana kita programkan apa yang terjadi? Dia akan menjadi penolong upah tulang punggung keluarganya," kata Ganjar,

ini ia katakan saat mengisi kuliah umum di Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat.


Ganjar mengaku senang karena kini banyak pemimpin daerah yang tertarik dengan akses pendidikan gratis, terutama bagi siswa dari kalangan kurang mampu. Menurutnya, pendekatan ini dapat mempersatukan sebuah keluarga dan satu sarjana.


Sekarang banyak bupati dan wali kota yang mulai memastikan dan menjamin agar sekolahnya bisa gratis,” ujarnya. Setidaknya bagi mereka yang tidak mampu.



Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan, kemiskinan bisa dihilangkan dengan cara ini.


 Kemudian kemiskinan akan diatasi secara sistematis,” jelasnya. Ini membuktikan bahwa negara hadir.


Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, idenya tersebut bukan tanpa alasan. Memang, saat menjabat  Gubernur Jawa Tengah, ia memberikan sekolah SMKN gratis bagi masyarakat  kurang mampu. Mereka langsung siap bekerja dan kini menjadi tulang punggung keluarga,” ujarnya.


Lebih lanjut, Ganjar  mengaku optimistis bisa menjadikannya program nasional. Namun untuk mewujudkan hal tersebut  diperlukan sistem pemerintahan yang  saling mendukung.


Jadi kalau APBN bisa dioptimalkan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” tutupnya.



Baca Juga : Céline Evangelista kembali menitikkan air mata untuk anaknya karena Stefan William


Baca Juga : Situs Slot Gacor Deposit Dana Tanpa Potongan Terpercaya

Tidak ada komentar: