Heru Budi mengatakan, menyiram jalan secara rutin bisa mengurangi polusi udara di Jakarta

 



Berita Dunia - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

menyoroti mobil pemadam kebakaran (damkar) yang rutin menyemprotkan air ke jalan-jalan protokol ibu kota. Heru mengatakan upaya tersebut diharapkan dapat menurunkan polusi udara di Jakarta hingga PM 2,5.


“Saya minta berdiskusi dengan Menteri LHK dulu, katanya kalau jalan diairi akan menciptakan kondisi yang mendukung penurunan PM 2,5,” kata Heru di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (26 Agustus). 2023).


 Meski demikian, Heru Budi mengatakan, hasil dari upaya tersebut akan tetap dipantau dan dievaluasi  baik oleh pemda setempat maupun pemerintah.


 “Saya tunggu hasilnya dan pendapat pak menteri, kalau positif baru kita lanjutkan. Kalau  ada hasil negatif, kami hentikan,” ujarnya. 


Diketahui, Pemprov DKI Jakarta memastikan mobil pemadam kebakaran (damkar)  rutin menyiram jalur protokol untuk menanggulangi polusi. Setelah itu, mobil pemadam kebakaran akan menyiram dua kali  sehari.


"Waktunya adalah jam 10, lalu jam 14, setiap hari," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada Berita Dunia.


Heru mengatakan, total ada 200 orang dan 20 unit mobil pemadam kebakaran yang di operasikan. Selain itu, mobil  Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan mobil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga dikerahkan untuk kegiatan ini.


 “Selain pemadam kebakaran, ada instansi lain, SDA dan mobil biru, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, untuk memudahkan aktivitas penertiban di jalan-jalan besar,” jelasnya.


 Kemudian, titik air penyiraman di sekitar Patung Kuda di Jakarta Pusat, Blok M di Jakarta Selatan, Cawang di Jakarta Timur, hingga Slipi di Jakarta Barat.


Tidak ada komentar: