Farhana Nariswari Wisandana dari Jawa Barat , Pemenang Puteri Indonesia 2023

 





Berita Dunia - Jabar juara untuk pertama kalinya tahun ini di Puteri Indonesia. Salah satu wakilnya yakni Farhana Nariswari Wisandana berhasil menduduki posisi puncak Puteri Indonesia 2023.

Sebagai wakil Jawa Barat 1, perempuan berusia 26 tahun itu menang melawan 44 finalis lainnya dari 34 provinsi pada malam final, Jumat (19/5/2023) di Jakarta Convention Center. Yasinta Aurellia dari Jawa Timur Menyusul sebagai Runner-Up I . Ia juga menyandang gelar Puteri Indonesia Tourism 2023.  



Sedangkan Lulu Zaharani Krisna Widodo dari Lampung menempati posisi kedua dan otomatis menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2023. Tahun ini, Lampung menjadi provinsi yang dinominasikan untuk ajang Miss Indonesia.  



Sebelum nama pemenang diumumkan, tiga besar dari kompetisi Puteri Indonesia 2023 harus menyelesaikan sesi tanya jawab dengan Kus Wisnu Wardan, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia Putri. Mereka hanya diberi waktu satu menit untuk menjawab. 



"Apakah berbuat baik dan berbuat benar itu sama? Kalau jawabanmu berbeda, maka jelaskanlah perbedaannya?" tanya Putri.


Farhana yang sempat ikut pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat tahun lalu tapi harus puas di posisi Runner-Up 1, memilih menjawab dalam bahasa Inggris.


"I believe that doing something good and doing something right are two different things. Doing something good is when we do something based on our intention and desire. Helping others is something good for example, but it`s not always right," jawab Farhana.


Pemegang gelar Sarjana Kedokteran dan Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran ini melanjutkan, "However doing something right is beyond that. It is doing something involving moral value, involving God, and last but not least when you do something that you really really believe from deep inside your heart."


Jawaban tersebut sepertinya sukses merebut hati dewan juri yang tahun ini di antaranya terdiri dari Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida, Miss Supranational 2021 Chanique Rabe, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Direktur PT Mustika Ratu Kusuma Ida Anjani.



Farhana juga berhasil memberikan Jawa Barat gelar Miss Indonesia pertama dalam 30 tahun sejarah acara tersebut.


Selain itu, ia membawa pulang Puteri Inteligensia sebagai Puteri Indonesia 2023. Sebagai Puteri Indonesia 2023, Farhana akan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2023.


Mulai tahun ini, pemenang hadiah utama tidak lagi dikirimkan ke Miss Universe karena Yayasan Puteri Indonesia tidak lagi memiliki izin di Indonesia. Miss Charm akan hadir sebagai pengganti, disusul Runner-Up II Lulu Zaharani Krisna Widodo dari Lampung. 


Berikut daftar pemenang top 3 Puteri Indonesia 2023:

Puteri Indonesia 2023: Farhana Nariswari Wisandana dari Jawa Barat


1st Runner Up Puteri Indonesia 2023/Puteri Indonesia Lingkungan 2023: Yasinta Aurellia dari Jawa Timur


2nd Runner Up Puteri Indonesia 2023/Puteri Indonesia Pariwisata 2023: Lulu Zaharani Krisna Widodo dari Lampung.



Tidak ada komentar: