Ahmad Dhani Raih Kursi DPR, Suaranya Ungguli Cucu Soekarno di Dapil Jawa Timur I

 




Berita Dunia - Musisi Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani diperkirakan lolos ke Anggota DPR RI (DPR) Senayan.


Mencalonkan diri dari Partai Gerindra di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur (Jatim) I, pimpinan Dewa 19 itu meraup 134.227 suara.



Daerah pemilihan Jawa Timur I  meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Di daerah pemilihan ini, para calon legislatif bersaing memperebutkan 10 kursi DPR RI.



Berdasarkan hasil perolehan agregat suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Pemilihan Jawa Timur I, Partai Gerindra memperoleh suara terbanyak di antara partai politik lainnya dengan total 543.677 suara.


Merujuk pada metode konversi Sainte Lague yang digunakan pada pemilu parlemen di Indonesia, Gerindra mendapat 2 kursi DPR RI di daerah pemilihan tersebut.



Dua kursi itu otomatis jatuh ke dua caleg dengan suara terbanyak di dapil Jatim I. Urutan pertama ditempati oleh Bambang Haryo Soekartono yang mendulang 190.741 suara.


Mengekor di urutan kedua, ada petahana yang merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar, Adies Kadir. Anggota Badan Musyawarah DPR ini mendapat 147.185 suara. Setelah Bambang Haryo dan Adies Kadir, Ahmad Dhani bertengger di urutan ketiga caleg dengan perolehan suara terbanyak di dapil Jatim I



Perolehan suara Dhani melampaui cucu Soekarno yang juga putri dari Guntur Soekarnoputri, Puti Guntur Soekarno. Puti yang merupakan petahana anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI Perjuangan ini mendulang 108.181 suara.



Berikutnya di posisi kelima adalah pengusaha  baru di dunia politik, Arizal Tom Liwafa.

Calon Partai Amanat Nasional (PAN) Tom Liwafa memperoleh 69.195 suara.




Tidak ada komentar: