Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023

 





Berita Dunia -  Bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023Kamboja. Momen itu terlihat di upacara pembukaan di Stadion Nasional Marodok Techo, Phnom Penh.


saat sesi penyanyi lokal membawakan pertunjukan, terlihat ada beberapa penari yang membawa bendera peserta SEA Games 2023, Bendera Indonesia terbalik dalam momen itu.


Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) meminta maaf atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik pada pra-pertunjukan upacara pembukaan yang disiarkan live di akun YouTube Press Office Of The Council Of Ministers Cambodia.


Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris Jendral NOC Indonesia Harry Warganegara, Yang menyebut tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian tersebut.



Opening Ceremony SEA Games sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 19.00 waktu setempat. Namun, para penonton yang menyaksikan langsung upacara pembukaan diinformasikan untuk datang lebih cepat sebelum acara dimulai.


Dalam jeda waktu tersebut, event organizer menyuguhkan pre-show sebelum dimulainya opening ceremony yang ditayangkan langsung di kanal YouTube.


Sayangnya, ada kejadian kurang mengenakkan bagi Indonesia. Bendera Merh-Putih sempat ditampilkan dalam kondisi terbalik.


Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.


Tuan rumah pun langsung bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.


"Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," ujar Harry


"NOC Indonesia (KOI) secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Penh," kata Harry dalam surat tersebut.


"Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda."


SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN. Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabor.


Indonesia mengirim 45 orang yang terdiri dari atlet dan ofisial, perwakilan Chief de Mission, serta perwakilan Komite Eksekutif NOC Indonesia yang berpartisipasi dalam defile (pembawa bendera) di opening ceremony.


Perenang putri, Flairene Candrea Wonomiharjo ditunjuk sebagai pembawa bendera. Tema yang dipilih Indonesia sendiri adalah Kebinekaan.


SEA Games 2023 diikuti 11 negara, dengan sekitar 6.211 atlet yang berpartisipasi. Indonesia mengirim 599 atlet, yang terbagi ke berbagai macam cabang olahraga.


Kejadian bendera Indonesia terbalik sebelumnya juga pernah terjadi di SEA Games Malaysia, 2017 lalu. Saat itu, bendera Indonesia tercetak terbalik di buku panduan kegiatan. Kejadian itu sempat bikin heboh, sampai membuat masyarakat Indonesia marah. Pemerintah Malaysia langsung meminta maaf atas kelalaian itu.



PM Kamboja Hun Sen menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Jokowi atas insiden bendera terbalik saat pembukaan SEA Games. Permintaan maaf itu disampaikan saat Jokowi dan Hun Sen bertemu di sela KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT.



Momen permintaan maaf Hun Sen itu diceritakan oleh Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers tertulis. Jokowi awalnya mengucapkan selamat datang kepada Hun Sen di Labuan Bajo.


"Bapak Presiden di sela-sela KTT ke-42 ASEAN telah melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kamboja, Hun Sen. Tentunya, Bapak Presiden pertama kali mengucapkan selamat datang di Labuan Bajo dan mengucapkan selamat atas keketuaan Kamboja di ASEAN pada tahun lalu," ujarnya.



Jokowi, ditulis Retno, juga menyampaikan apresiasi terhadap dukungan yang diberikan Kamboja soal keketuaan RI di KTT ke-42 ASEAN. Retno kemudian membeberkan dua isu yang dibahas Jokowi dan Hun Sen. Pertama, kata dia, komitmen Indonesia untuk terus kerja sama di bidang ekonomi dan infrastruktur.


"Pertama adalah komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk keinginan Indonesia untuk terlibat di dalam pembangunan di Kamboja, terutama di dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur," ujarnya.


"Yang kedua, Bapak Presiden juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Kamboja pada saat kita harus menyelamatkan para WNI korban human trafficking terutama untuk kejahatan online scams," lanjutnya.


Retno juga mengatakan ada permintaan maaf dari Hun Sen ke Jokowi. Hal ini terkait insiden bendera RI yang terbalik saat pembukaan SEA Games.


"Di awal pertemuan, PM Hun Sen menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas insiden terbaliknya bendera Indonesia di awal acara pembukaan SEA Games," ucapnya.


Tidak ada komentar: